top of page

Pengajaran Parguru Malua Marbahasa Batak dan Tortor

Naposo Batak merupakan penerus dari kebudayaan Bangsa Batak di masa yang akan datang. Untuk menjaga kebudayaan tersebut hendaklah kiranya menjadi perhatian gereja Batak dan kita semua. Generasi muda Batak saat ini lebih memilih belajar bahasa Inggris, Mandarin, Jerman dan lain sebagainya karena pengaruh dari globalisasi dan tuntutan dunia kerja yang menuntut mereka mengikuti perkembangan bahasa sesuai kebutuhan.


Demi lestarinya bahasa dan budaya Batak, diperlukan pembelajaran bahasa Batak dan pengajaran melalui orang tua melalui cara rutin berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Batak dan perlunya memupuk rasa percaya diri agar tidak malu menggunakan bahasa Batak sebagai alat komunikasi sehari-hari.


Selain bahasa, kekayaan budaya batak dalam bentuk tarian Tortor perlu dilestarikan di kalangan generasi muda Batak agar dapat membantu mereka lebih mengenal kebudayaannya dan bangga dengan budaya Batak.


Agar generasi muda Batak di HKBP Bogor lebih mengenal Bahasa dan budayanya, HKBP Bogor mengadakan pengajaran marbahasa Batak dan tari tortor kepada para parguru malua yang dilayani oleh Amang St. D. Lumbantoruan dan Inang St. K. br. Sitanggang.


Pengajaran ini sudah diadakan dalam beberapa sesi sebagai berikut.


Pertemuan pertama Jumat, 03 Februari 2023

Topik: Bangga menjadi orang Batak dan melestarikan Bahasa Batak



Amang St. D. Lumbantoruan dan Inang St. K. br. Sitanggang memberikan pengajaran marbahasa Batak kepada para parguru malua yang dengan sangat antusias mendengarkan dan mengikuti sesi dengan penuh semangat.





Pertemuan ke 2, Jumat 10 Februari 2023

Topik: Partuturon ni Halak Batak






Pertemuan ke 3. Jumat 17 Februari 2023

Topik: Tortor dan Arti setiap Gerakan



Inang Ny. St Tobing Br Sitorus dari Sektor Sion mengajarkan gerakan dari tari Tortor yang diikuti oleh para parguru malua.


Semoga dengan pengajaran Marbahasa Batak dan Tortor ini, Parguru Malua di HKBP Bogor yang merupakan generasi muda Batak menjadi lebih mengenal dan bangga dengan budaya Batak.


Horas Bangso Batak, mari kita lestarikan budaya Batak yang menjadi salah satu identitas Republik Indonesia.


Tuhan Yesus memberkati.



Sumber : KS


Comentarios


bottom of page